Alat Output Komputer

 Alat Output Komputer

Pada perangkat komputer dikenal komponen yang disebut dengan output device atau sering juga disebut sebagai perangkat output atau perangkat keluaran. Itu adalah peralatan elektronik yang terhubung dengan komputer yang digunakan untuk mengirimkan data dari komputer dalam bentuk teks, suara, gambar, dan media lainnya. Bisa juga diartikan sebagai bagian dari perangkat keras komputer yang memanfaatkan data dan perintah apapun dari komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Perangkat output terdiri dari 10 macam. Berikut adalah daftarnya untuk Anda beserta fungsinya :



Monitor
Macam perangkat output yang pertama dan sangat vital bagi komputer adalah monitor. Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan data berupa teks, gambar, dan video. Monitor terdiri dari sirkuit, catu daya, tombol untuk menyesuaikan pengaturan layar, serta casing yang menampung semua komponen tersebut. Saat ini monitor diproduksi dalam bentuk yang tipis dan memiliki berbagai macam ukuran.


Printer
Printer merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengambil data elektronik yang tersimpan dalam komputer atau perangkat lain dan menghasilkan salinan data tersebut. Salinan data bisa berupa teks, gambar, maupun foto yang dicetak di atas kertas yang diselipkan pada wadah yang sudah disediakan. Printer memiliki beberapa tipe, tapi yang paling umum digunakan untuk komputer adalah tipe Laser dan InkJet.


https://img2.beritasatu.com/cache/beritasatu/960x620-3/1661227244_468_274.jpeg

Proyektor
Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar yang dihasilkan oleh komputer atau pemutar Blu-ray. Gambar tersebut kemudian ditampilkan pada permukaan datar di depannya, seperti layar atau dinding.
Perangkat output komputer ini bisa digunakan untuk menampilkan gambar diam (slide) maupun gambar bergerak (video) pada layar besar sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang sekaligus.


https://myhartono.com/images/detailed/296/WIRELESSPH-KG10_BK-[HM].jpg

Headphone
Headphone atau earphone merupakan perangkat yang menghasilkan suara untuk mendengarkan audio secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker. Headphone dan earphone memiliki fungsi yang sama tapi bentuk yang berbeda. Headphone berbentuk besar dengan earpad yang menutup seluruh telinga, sedangkan earphone bentuknya kecil dan hanya menutupi lubang telinga saja.

Nah, itulah macam-macam dari perangkat output pada komputer beserta fungsinya yang penting untuk Anda ketahui. Ingin mengetahui informasi lainnya seputar teknologi informasi dan komunikasi? Langsung saja kunjungi www,baktikominfo.id!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Sistem Informasi

Alat Input Komputer