Alat Input Komputer

 Alat Input Komputer

Alat Input Komputer adalah alat-alat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah dari luar sistemke dalam suatu memori dan proses untuk diolah guna menghasilkan informasi yang digunakan.

Macam-macam Alat Input Komputer :

Keyboard, berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna)untuk melakukan perinta-perintah lainnya yang diperlukan.


Mouse, berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secata cepat serta mengatur posisi kursor di layar.


https://warungkomputer.com/wp-content/uploads/2019/03/pengertian-scanner-on-post.jpg

Scanner, berfungsi untuk mengopi atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan dalam memori komputer, biasanya dipakai untuk ketika kita ingin mengambil fail hard atau fail fisik kemudian kita merubah kefail soft.


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/dd/Joyopis.svg/800px-Joyopis.svg.png

Joystick, umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dar satu tombol, biasanya dipakai untuk permainan game.

Touchpad, fungsinya sebagai penggerak kursor pada monitor melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut, setiap laptop pasti memiliki touchpad.

 

https://asset.kompas.com/crops/MthgqBtVNeDKqDs_2xC-FDSqHEg=/0x0:960x640/750x500/data/photo/2023/02/13/63ea363238d06.jpg

CD atau Compact Disc adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik dan berbentuk lingkaran pipih dengan lubang kecil pada bagian tengah.

https://static.tp-link.com/res/images/products/gallery/TD-W8970-1.0-01.jpg

Modem, berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Bentuk dan tipe modem bervariasi. Ada yang dicolokkan ke lubang USB pada komputer dan ada yang menggunakan fitur Wi-Fi.


https://assets.kompasiana.com/items/album/2022/10/23/kesal-data-tak-terbaca-ini-3-flashdisk-paling-awet-ofiskita-635488c34addee4a964bd112.png?t=o&v=770

Flashdisk, berfungsi sebagai media penyimpanan data dengan ukuran kapasitas tertentu. Besar kapasitas flashdisk bervariasi, mulai dari 512MB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, hingga 32GB.


https://m.media-amazon.com/images/I/61mr4aEwBiL._AC_SL1260_.jpg

WebCam adalah kamera real-time yang gambarnya bisa diakses melalui WWW, program instant messaging, atau aplikasi video call yang memasukkan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

Demikian macam-macam dari perangkat keras input komputer beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui. Beberapa macam diantaranya mungkin selalu Anda gunakan untuk aktivitas Anda, tapi beberapa diantaranya tidak selalu atau jarang digunakan. Jadi, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk melengkapi informasi seputar dunia komputer.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Sistem Informasi

Alat Output Komputer